Anatomi Alat Pencernaan

Mulut

Organ pertama tempat masuk makanan ke dalam tubuh, dalam mulut terdapat gigi (kecuali unggas tidak bergigi), lidah dan saliva. Pada herbivore gigi sebagai penggilas makanan, lidah sebagai tangan untuk mengambil makanan dan saliva untuk membasahi makanan. Pada ruminansia peran saliva sangat penting.

Esophagus

Esophagus merupakan saluran yang menghubungkan pharynx (kerongkongan) dengan perut. Pada unggas esopgagus di bawah parynx membesar, disebut crop (tembolok) tempat penyimpanan makanan sementara, kemudian membesar lagi sebagai perut (proventriculus).  

Perut

Pada unggas disebut proventriculus sedangkan  pada ruminansia disebut abomasum. Bagi ruminasia abomasum yang merupakan perut sejati dimana proses pencernaan yang terjadi sama dengan proses pencernaan yang terjadi pada lambung monogastrik. Pencernaan yang terjadi pada abomasum adalah pencernaan enzimatis dengan batuan enzim yang disekresikan oleh kelenjar yang terdapat dalam abomasum. Sekresi yang dihasilkan oleh kelenjar adalah pepsin, dan HCl.

Usus Halus

Langsung berhubungan dengan perut, terdiri dari duodenum yang berlipat, jejunum dan ileum. Pada duodenum menempel  kantong empedu dan kelenjar pankreas. Kantong empedu tempat menyimpan garan empedu yang berasal dari hati. Kelenjar pankreas mensekresikan enzim-enzim asal pankreas ke duodenum. Jejunum terletak antara duodenum dan ileum. Ileum merupakan bagian terakhir dari usus halus. 

Usus Besar (Colon)

Usus besar merupakan bagian terpenting bagi herbivore non ruminansia (hindgut fermentors), karena proses pencernaan fermentatif terjadi pada bagian ini. Bagi ternak ruminansia usus besar lebih banyak berfungsi dalam penyerapan air.

Caecum

Secum atau usu buntu merupakan terletak antara usus halus dengan usus besar, pada unggas terdapat dua buah caecum disebut caeca, pada hewan lainnya hanya satu (caecum).

Rektum

Rektum merupakan bagian ujung alat pencernaan sebelum anus. Pada unggas disebut cloaca karena menyatu dengan organ reproduksi.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: