Suplemen Vitamin dan Jenisnya

Suplemen Vitamin

Semua vitamin bisa diproduksi komersial dalam bentuk murni. Sebagian besar merupakan produksi kimia sintetis tetapi beberapa diisolasi dari sumber alami (seperti vitamin A dari hati ikan, vitamin D3 dari minyak hati atau iradiasi yeast, vitamin E dari bungkil kedele atau minyak jagung dan vitamin K dari tepung ikan).  Ada beberapa vitamin yang diproduksi secara mikrobiologi, seperti tiamin, riboflavin, folat, pyridoksin, biotin, asam pantotenat dan vitamin B12.

Individu yang sehat bisa mencukupi semua zat makanan termasuk vitamin dari makanan yang seimbang baik berdasarkan variasi makanan dan kualitas bagus. Dalam keadan tertentu, ternak membutuhkan penggunaan suplemen vitamin seperti pada kondisi bunting, menyusui, stress, dll. Premik vitamin merupakan bentuk suplemen vitamin yang terdiri dari campuran vitamin dengan konsentrasi yang tinggi.  Premik vitamin digunakan sebesar 0,5 � 10 %.  Selain vitamin terdapat antioksidan sintetis (Ethoxyquin, BHT) didalam premik yang berguna untuk meningkatkan stabilitas vitamin selama penyimpanan. Pada beberapa kasus, trace mineral dimasukkan ke dalam premik vitamin-mineral. 

Unggas dan anak babi sangat banyak membutuhkan berbagai macam suplemen vitamin diikuti oleh pedet (calve) dan hogs sedangkan sapi dewasa sangat sedikit membutuhkan suplemen vitamin. Unggas terutama ayam ras sangat banyak membutuhkan suplemen vitamin karena kondisi ayam yang mudah stres dan dalam pemeliharaannya sangat ditekankan untuk meningkatkan pertumbuhan atau produksi setinggi-tingginya dengan tingkat efisiensi yang tinggi.  Di pasaran bentuk suplemen vitamin ada yang dicampur dalam makanan (premik) dan umumnya penggunaannya dilarutkan dalam air minum.


Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: